Go Back   Indotekken - Komunitas Fighting Game Indonesia > Others > Game Discussion



Reply
 
Thread Tools Display Modes
Old 20-05-2015, 01:22 AM   #51
Lizanias
(Dojo XTC)
 
Lizanias's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Depok, Jawa Barat
Posts: 6,651
Rep Power: 19 Lizanias will become famous soon enough
Default

===
Melihat Bao-Lian
========
Pelajaran hari ini. Bao-Lian produsen komponen arcade yang produk-produknya dijual di Indonesia.



Mereka turut membuat joystick arcade dengan aneka jenis design. Ada tipe stick yang mirip dengan yang sering dipakai di mesin arcade Amerika. Ada tipe yang mirip dengan yang sering dipakai di Jepang.

Foto lain ada di picasaweb.google.com/lizanias14/

Diambil dari situs mereka www.bao-lian.com/en/?cat=13
(yang akhir-akhir ini suka down)


::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Melihat Atari 2600
19th May 2015
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Dua puluh tahun lebih sudah plastik ini membungkus console pertama gw. Berhenti dimainin karena semenjak gw punya NES. Console ini dulu dikasih sepupu gw yang lahir sekitar 10 tahun lebih awal dari gw.



Console ini adalah Atari 2600. Yang gw punya adalah Atari 2600 Jr. yang mulai dijual di pasaran mulai 1984. Sedangkan Atari 2600 sendiri sudah ada di pasaran sejak 1977. Tapi gw baru mulai main Atari di tahun 1990 apa 1991, gw lupa.



Plastik yang dibungkus udah bau apek, karet gelang yang ngiket aja udah kering lapuk saking lama nya. Tapi console nya masih bekerja dengan baik. Itu lah hebat nya console yang punya mekanisme lebih sederhana karena mereka cenderung lebih mampu tahan lebih lama.

Satu jam pertama dihabisin untuk ngehidupin Atari 2600 ini karena di dalam bungkusan nga ada adaptor nya. Gw coba pakai adaptor laptop, charger Nokia jaman dulu, sampai coba pakai charger PSP. Lucu juga sih kalau pakai charger PSP karena itu udah kayak anak kecil yang bantu kakek2 jalan lagi.

Setelah gw Google untuk lihat tipe colokan Atari 2600 baru lah gw sadar kalau colokan nya mirip audio jack 3.5mm. Dan kebetulan di rumah ada adaptor yang punya colokan seperti itu. Coba colok di power outlet, begitu lampu indicator power menyala lagi gw langsung seneng, nga sabar buat nyobain di TV.

Pasang di TV, cari channel VHF, begitu dapat channel nya tapi ngerasa agak ragu apa gw udah dapat channel nya?. Apa ini tampilan Atari 2600? Alasannya karena yang terlihat background maroon + garis2 pink. Gw ganti game lain, bersihin catridge pakai korekan kuping kering, dan game nya akhirnya muncul.

Anyways beberapa jam ke depan gw & teknisi coba ngekalibrasi kedua controller yang ada. Controller yang pertama suka mencet sendiri terus. Seperti nya karena ada bagian di dalam yang udah kurang elastis, ada kotoran2 juga. Sesudah dibuka, diservis, ditutup, eh masih mencet2 sendiri juga. Tapi setidaknya arah nya udah responsif semenjak dibersihiin dan dikasih gemuk. Dicek fer/pegas di tombol dan memang fer nya terlalu keras jadi bikin tombol kepencet terus. Gw kurang perhatiin proses reparasi jadi nga bisa cerita dengan lebih rinci dari ini.



Sementara controller yang satu dibenerin gw pakai dulu controller yang masih baik, tapi yang gw pakai pun punya masalah di arah karena arah atas, bawah, kanan udah nga responsif lagi. Ya setidaknya masih bisa dipakai dan didokumentasiin permainannya. Mungkin penempatan karet arah nya agak miring kali.


Nga butuh install game, nga butuh update firmware, nga butuh download patch

Gw dalam beberapa hari kedepan mau kalibrasi controller, sekalian ngerasain lagi pengalaman main video game yang jauh lebih sederhana.

Mengunjungi Kembali Atari 2600

Last edited by Lizanias : 20-05-2015 at 01:46 AM.
Lizanias is offline   Reply With Quote
Old 17-06-2015, 09:57 PM   #52
Lizanias
(Dojo XTC)
 
Lizanias's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Depok, Jawa Barat
Posts: 6,651
Rep Power: 19 Lizanias will become famous soon enough
Default

====
Mengenal Asahi Seiko
==========
Pelajaran hari ini. Mari kita lihat stick Asahi Seiko. Yang kabarnya dipakai adalah stick handle yang sering di mesin arcade di Indonesia pada jaman dulu. Saya nga tahu persis sejak kapan dipakai dan kapan berhenti dipakai. Namun yang pasti saat ini stick ini tidak lagi dijual secara umum karena seperti nya sudah tidak diimport masuk lagi ke Indonesia. Namun dari pengamatan seperti nya masih ada sebagian ding dong yang memakai nya.





Yang unik dari tongkat kendali ini adalah, stick ini menggunakan platina/leaf switch. Sehingga tidak terdengar bising saat anda memainkan stick tersebut.

Di jaman sekarang dijual panggalan2 dari stick Asahi Seiko. Tapi itu juga nga cukup lengkap untuk rakit stick Seiko baru.

‪#‎PEHANI‬


::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Merakit Stick Green Pioneer untuk PC/PS3
17th June 2015
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::


Stick arcade rakitan PS3/PC untuk pemain di Depok. Memakai komponen stick homemade dan tombol tiruan Jepang. Kabel nya udah diganti ke kabel 3 meter. Gambar nya sendiri pakai Getter Robo, serial yang katanya pertama kali kenalkan konsep robot2 yang bisa menyatu jadi super robot. Kotak nya pakai kotak model 6 yang belum pernah dipakai di produk2 sebelumnya.




Kotak ini punya gabungan design model 1 & 2. Dan punya panjang lebih pendek dibanding design kotak yang meinspirasi nya. Dan battop yang dipakai adalah battop dari stick lama Calle yang udah dimodifikasi supaya bisa dipasang di stick ini.

Foto yang lain bisa kalian lihat di https://picasaweb.google.com/lizania...enPioneerStick

Last edited by Lizanias : 17-06-2015 at 10:07 PM.
Lizanias is offline   Reply With Quote
Old 01-07-2015, 12:33 PM   #53
Lizanias
(Dojo XTC)
 
Lizanias's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Depok, Jawa Barat
Posts: 6,651
Rep Power: 19 Lizanias will become famous soon enough
Default

====
Mengenal Seimitsu LS-40
==========
Di pelajaran hari ini kita akan melihat stick arcade yang cukup jarang dipakai. Yaitu Seimitsu LS-40. Tepat nya seri LS-40-SE-01. Jadi apa sih yang menarik dari LS-40?



Tongkat Pendek

langsung saja kita bicarakan kekurangan stick ini, karena stick ini tidak punya banyak kekurangan. Seimitsu LS-40 punya batang besi yang pendek jika dibandingkan dengan stick lain. Sehingga kamu hanya bisa memasang stick tersebut di casing yang memiliki permukaan atas yang tidak tebal.


panjang 34mm VS 29,9mm


Sebaiknya permukaan atas casing yang kamu pakai tidak lebih dari 1 cm(10 mm), karena dengan ketebalan permukaan di atas 1 cm maka jarak dari permukaan hingga dasar balltop hanya tinggal 2 cm, dan itu jarak yang relatif pendek.


dari permukaan atas sampai ke dasar balltop hanya sekitar 2 cm


Fer Yang Keras
Yang paling membedakan dari stick Jepang yang sering kalian temui(Sanwa JLF) adalah betapa keras fer yang digunakan oleh stick ini. LS-40 menggunakan spring yang cukup keras tapi seharusnya nga buat kamu cepat lelah.

Sangat Sensitif/Responsif
Apa kalian pernah menggunakan stick Seimitsu sebelumnya? karena stick Seimitsu umumnya lebih sensitif. Dalam arti, sedikit saja digerakan maka input arah kamu sudah terbaca. Ini karena stick Seimitsu LS-40 memiliki throw/engage distance yang lebih kecil. Dalam kata lain jarak dari posisi netral hingga tongkat stick mu menyentuh microswitch(yang menerima perintah) lebih dekat. Dekat nya jarak membuat stick LS-40 lebih responsif.

Highlights tes stick Heart Robber


Aneka Gaya Main Dari Satu Restrictor Gate
Keunikan ketiga yang dimiliki stick seperti Seimitsu LS-40 adalah kamu diberi restrictor gate yang bisa kamu atur mode arah nya. Terdapat mode 2-way, 4-way, atau 8-way direction. Yang dimaksud dengan mode yang berbeda adalah, kamu bisa batasi pergerakan tongkat stick kamu agar tidak kamu tidak bisa gerakan stick ke arah yang kamu tidak mau.



Ketika kamu bermain game yang hanya membutuhkan dua arah seperti Defender maka kamu bisa mengatur stick mu ke mode 2-way direction, agar stick kamu hanya bisa digerakan ke atas & ke bawah.


kamu hanya butuh arahkan stick ke atas atau bawah dalam game Defender


Sedangkan di game seperti Pac-Man kamu hanya ingin bisa menggerakan stick mu ke arah atas, bawah, kiri, dan kanan karena di game tersebut tidak diperlukan arah diagonal seperti up/forward.


Kamu hanya butuh 4 arah untuk main game Pac-Man



Namun di game seperti Tekken, stick mu harus bisa digerakan ke delapan 8 arah.

Main Tekken tanpa arah diagonal bagai sayur tanpa sayur.

Lebih Mudah Dengan Konektor 5-Pin

Seperti stick Jepang lain di masa kini pada umumnya, Seimitsu LS-40 juga mengunakan 5 pin connector yang memudahkan kalian dalam memasang stick tersebut ke stick arcade atau cabinet arcade kalian.


gampang toh?


Balltop warna warni shaft cover juga, dust cover juga

Bukan saja balltop Seimitsu LS-40 yang tersedia dalam banyak varian warna. Namun dust cover & shaft cover joystick juga tersedia dalam aneka warna, sehingga bagian dari warna stick handle mu secara keseluruhan bisa dibuat seragam dengan balltop.


Ini mengingatkan saya akan Power Ranger. It's Morphing Time!


Punya Stick Keren Kayak Seimitsu? Buat Apa?
Stick ini cocok untuk pemain yang suka main dengan stick arcade sangat responsif, sensitif, dan keras. Mungkin bagi kalian yang sudah terbiasa dengan stick arcade Korea seperti Myoungshin Fanta yang keras & sensitif akan menyukai stick ini.


Dengan kelebihan di beberapa faktor seperti restrictor gate yang bisa diatur, membuat stick Seimitsu LS-40 produk yang tentu mampu bersaing dengan banyak sekali stick arcade lain nya.


Jika kamu masih penasaran dengan rincian spesifikasi kalian bisa temukan banyak informasi dari link di bagian referensi.


Referensi:

- Arcade-Museum.com, Defender
- Arcade-Museum.com, Pac-Man
- Kowal, Seimitsu LS-40
- Slagcoin, Brands & Attributes
- Akishop
Lizanias is offline   Reply With Quote
Old 06-11-2015, 07:52 AM   #54
wazwuz
4th Kyu
 
wazwuz's Avatar
 
Join Date: Oct 2008
Location: Surabya & Sidoarjo
Posts: 133
Rep Power: 10 wazwuz is on a distinguished road
Default

http://arcadestick-indonesia.com/

mo tebar racun, arcade setup by ASI



wazwuz is offline   Reply With Quote
Old 27-10-2016, 09:58 PM   #55
Lizanias
(Dojo XTC)
 
Lizanias's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Depok, Jawa Barat
Posts: 6,651
Rep Power: 19 Lizanias will become famous soon enough
Default

=====
JunStick - JoyMOT(Joystick & Mod Throwback)
==============


Stick arcade untuk PS3/PC yang kita selesai rakit di November 2009. Kita jual stick ini di tahun 2010 kalau nga salah. Pakai stick handle Calle tipe lama yang balltop nya dibaut dari atas, tombol microswitch keras; tipe artwork yang agak kecil karena ini jaman waktu kita belum tahu cara print gambar yang bisa penuh ruangan di permukaan atas.


A PS3(PC) arcade stick that we finished building on November 2009. It used the older type of Calle stick which had the balltop screwed from the top, and buttons with very hard to push microswitches. At that time we still didn't know how to print a bigger artwork, so we designed the art with that limitation in mind.


Balltop nya kita ganti dengan bola kecil yang kita dapat dari alat pijat. Bola nya kayak bubbletop yang dijual di luar negeri. Ini juga pertama kali nya kita ganti restrictor gate di stick ke tipe yang kita buat sendiri di KeoLiz.

We switched the balltop to a ball we took from some massage product. It looked a bit like those bubbletops they sold in Japan. This was also the first time we made a custom restrictor gate at KeoLiz.

foto lain bisa dilihat di https://goo.gl/photos/PNXx5hHvaum9K4Wv8
Lizanias is offline   Reply With Quote
Old 05-11-2016, 07:58 PM   #56
Lizanias
(Dojo XTC)
 
Lizanias's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Depok, Jawa Barat
Posts: 6,651
Rep Power: 19 Lizanias will become famous soon enough
Default

Kami baru saja menulis panduan menggunakan fitur Legacy Controller. Cekitdot.

Cara Pakai Legacy Controller di sebagian game PS4 (How to use Legacy Controller on Some PS4 Games)
Lizanias is offline   Reply With Quote
Old 13-11-2016, 01:28 PM   #57
Lizanias
(Dojo XTC)
 
Lizanias's Avatar
 
Join Date: Jun 2005
Location: Depok, Jawa Barat
Posts: 6,651
Rep Power: 19 Lizanias will become famous soon enough
Default

====
Opaque Stick - JoyMOT(Joystick & Mod Throwback)
=========


Dulu di Maret 2010 kita mencoba membuat stick arcade dengan bahan baku yang berbeda. Bahan plexi glass. Ketika itu kita memiliki plexi glass tebal di gudang, beberapa komponen arcade; lalu memutuskan untuk merakit stick arcade menggunakan bahan-bahan & komponen tersebut.

Back on March 2010 we tried to build an arcade stick with a different material; plexi glass. At that time we had a thick acrylic sheet stored in our inventory, as well as a few arcade parts then we decided to build an arcade stick using those materials & components.

Kami menggunakan tombol dengan microswitch keras, dan stick Calle tipe lama ketika pertama kali merakit nya.

We used Chinese buttons with hard microswitches, and the older type of Calle stick when we first assembled the stick.

Dulu kita pakai di turnamen Tekken di 2010 di Blok M
We used this stick once at a Tekken tournament at Blok M back in 2010

Kemudian beberapa tahun lalu berlalu, komponen di produk ini dipakai untuk stick lain, dan casing plexi glass kami simpan saja. Hingga akhirnya di tahun 2014 kami memutuskan untuk memodifikasi Opaque Stick, lalu menjual nya dengan stick handle Fish Hunter, dan tombol2 tiruan Jepang. Artwork dibuat sendiri oleh konsumen yang memesan nya, Kami bertemu dengan sang pembeli di sebuah mall di Depok.

Several years passed, the parts had been used for different products, and the case was left unused. Until 2014 when we decided to modify the Opaque Stick. With the Fish Hunter stick, and knockoff Japanese buttons. The buyer made his own artwork.


foto lain bisa dilihat di https://goo.gl/photos/7pEHE1bfFhHAYXnm9

More photos of the stick can be seen at https://goo.gl/photos/7pEHE1bfFhHAYXnm9
Lizanias is offline   Reply With Quote
Reply
;

Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


All times are GMT +7. The time now is 12:36 PM.


Indotekken (http://www.indotekken.com/) adalah salah satu komunitas Game Fighting terbesar di Indonesia
Indotekken (http://www.indotekken.com/) merupakan situs Forum sebagai tempat kebebasan berekspresi dan berpendapat
namun teratur sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia
Dengan berada di Forum ini, menyatakan bahwa anda sudah membaca dengan teliti isi dari persetujuan ini dan Anda menyatakan bahwa
Anda setuju untuk mematuhi peraturan-peraturan forum. Jika anda tidak menyetujui peraturan forum ini, maka anda tidak berhak berada di Forum ini


Powered by vBulletin®
Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.
Indotekken